fbpx

Sukiyaki, Shabu-Shabu dan Steamboat: Mirip Tapi Tak Sama, Lho!

Kalau sobat iPiring mengatakan ketiga makanan ini khas dari Jepang, artinya sobat masih terkecoh akan perbedaan antara Steamboat, Sukiyaki dan Shabu-Shabu. Karena ketiganya memiliki perbedaan lho sobat. Malu dong kalo lagi hangout bareng, tapi ternyata masih bingung membedakan hidangan ini. Biar sobat iPiring engga bingung lagi, langsung aja kita bahas yuk!

STEAMBOAT

Coba tebak dari mana asal makanan ini hayooo?   

Steamboat ini merupakan makanan khas dari negeri tirai bambu, alias China. Sekilas memang tampilan hidangan ini mirip dengan Sukiyaki dan Shabu-Shabu ya sobat. Tapi nyatanya ada perbedaan diantara ketiga hidangan tersebut lho. Biasanya Steamboat diisi dengan daging seafood, tahu, mie, lalu tidak ketinggalan juga dengan kehadiran berbagai macam jenis sayuran. Untuk kuahnya, ada berbagai macam pilihan seperti tom-yam, kaldu udang, kaldu ayam, atau kuah laksa. Meskipun kuah steamboat mirip dengan sukiyaki, faktanya rasa kuah pada steamboat lebih diperkaya dengan minyak wijen sobat.

Kalo sobat iPiring penasaran, dan mulai keroncongan nih, bisa langsung aja cobain hidangan satu ini. Hidangan simple, yang bisa kita order dengan cara simple juga lewat iPiring. So, langsung check this out aja ya sobat!

SUKIYAKI

by zojirushi

Agak berbeda dari Steamboat, hidangan satu ini berisi daging sapi yang diiris, jamur shitake, telur, soun, tahu, daun bawang dan daun krisan. Kaldu yang digunakan memiliki rasa khas yang gurih, namun sedikit manis. Rasa itu tercipta dari perpaduan bumbu yang ada dengan campuran kecap.

Hidangan khas Jepang ini terkenal sebagai hidangan pada musim dingin. Tampilannya memang sekilas mirip dengan Shabu-Shabu. Namun, yang membedakan antara Sukiyaki dengan Shabu-Shabu ialah irisan daging sapinya. Sukiyaki menggunakan irisan daging sapi yang sedikit lebih tebal, sedangkan Shabu-Shabu menggunakan irisan daging sapi yang jauh lebih tipis.

SHABU-SHABU

by savorjapan

Nah untuk makanan yang satu ini, sama seperti Sukiyaki yakni berasal dari Jepang. Memang sekilas dalam segi kuah dan isiannya, Shabu-Shabu dan Sukiyaki terlihat mirip. Namun, faktanya kesamaan yang terlihat sekilas itu tetap memiliki perbedaan lho, sobat.

Irisan daging pada Shabu-Shabu lebih tipis dibanding Sukiyaki. Lalu pada kuahnya, Shabu-Shabu lebih kental dan tidak menambahkan kecap atau bumbu lain. Karena kuah hidangan ini berasal dari kaldu ayam atau kaldu sapi. Jadi rasa yang tercipta memiliki rasa khas tentunya, sobat. Untuk menikmati dagingnya, Shabu-Shabu dilengkapi dengan saus yang disajikan secara terpisah.

Secara umum, perbedaan antara Sukiyaki, Steamboat, dan Shabu-Shabu terletak pada kuahnya. Jadi, jangan sampai salah lagi ya, sobat. Nah, buat sobat iPiring yang daritadi udah ngiler karna pembahasan kita tentang makanan mulu daritadi. Sobat bisa langsung aja deh cuss cobain hidangan yang kita bahas tadi. iPiring juga menyiapkan khusus buat sobat yang pengen order tapi bingung mau kemana lho. So, langsung cek aja menu iPiring kuy!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo Kakak,

Ada yang mau ditanyakan lewat WhatsApp ?

× Butuh bantuan ?